Rabu, 11 Desember 2013

IBD

  2.Berikan pemahaman tentang pengertian dari tanggung jawab, cari contoh tanggung jawab yang baik antar manusia dan berikan tanggapan / pembahasan dari contoh kasus yang diambil !

Pengertian tanggung jawab

     Pengertian tanggung jawab memang seringkali terasa sulit untuk menerangkannya dengan tepat. Adakalanya tanggung jawab dikaitkan dengan keharusan untuk berbuat sesuatu, atau kadang-kadang dihubungkan dengan kesedihan untuk menerima konsekuensi dari suatu perbuatan. Banyaknya bentuk tanggung jawab ini menyebabkan terasa sulit merumuska  nnya dalam bentuk kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti.

       Dalam kebudayaan kita, umumnya "tanggung jawab" diartikan sebagai keharusan untuk "menanggung" dan "menjawab" dalam pengertian lain yaitu suatu keharusan untuk menanggung akibat yang ditimbulkan oleh perilaku seseorang dalam rangka menjawab suatu persoalan, tentang prinsip-prinsip penting yang harus dilakukan untuk membantu anak bertanggung jawab.

1. Memberi teladan yang baik.
2. Tetap dalam pendirian dan teguh dalam prinsip.
3. Memberi anjuran atau perintah hendaknya jelas dan terperinci.
4. Memberi ganjaran atas kesalahan.
5. Jangan terlalu banyak menuntut.

Macam-macam tanggung jawab

-      Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
-      Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
-      Tanggung jawab nya terhadap masyarakat.
-      Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
-      Tanggung Jawab Terhadap Bangsa/Negeri
-      Tanggung Jawab Terhadap Tuhan

Contoh Kasus
          Lisa seorang pelajar, besok ia akan menghadapi ujian. Tapi dina sama sekali tidak belajar. Sehingga saat ulangan berlangsung dina tidak dapat menjawab soal-soal yang diberikan guru nya. jadi dina harus bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri karena tidak mau belajar saat ada ujian.

Tanggpan


Seharusnya lisa mengetahui bahwa diri nya adalah seorang pelajar yang tugasnya belajar. Lisa seharusnya mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian dengan membaca materi dan catatan yang akan diujiankan sehingga lisa mampu mengerjakan ujian nya tersebut dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar