Rabu, 11 Desember 2013

IBD

3.   Berikan pemahaman tentang hubungan antara kegelisahan dan pengharapan cari contoh hubungan antara kegelisahan &pengharapan, berikan tanggapan / pembahasan dari contoh kasus yang diambil !

Pengertian Kegelisahan
      Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan menipakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak-gerik itu umumnya lain dari biasanya, misalnya berjalan mundar-mandir dalam ruang tertentu sambil menundukkan kepala; memandang jauh ke depan sambil mengepal-ngepalkan tangannya; duduk termenung sambil memegang kepalanya; duduk dengan wajah  murung atau sayu, malas bicara; dan lain-lain.

Kegelisahan menipakan salah satu ekspresi dari kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan, kekawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, behwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tecapai.
Sebab Orang Gelisah

      Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti, tidak tentram hatinya. Selau merasa khawatir atau tidak tenang.Kegelisahan hanya dapat diketahui dari tingkah laku orang tersebut.Gejala tingkah laku itu umumnya lain dari biasanya, misalya seperti murung, malas berbicara, dll. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan, kekhawatiran ataupun ketakutan.

Menurut Sigmund Freud ahli psikoanalisa, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu :

a. Kecemasan obyektif
    Kecemasan tentang kenyataan adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar.

b. Kecemasan neorotis (syaraf)
    Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah.

c. Kecemasan moril
   Disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam-macam emosi antara lain : iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang.


Faktor-Faktor Terjadinya Kegelisahan :

1. Keterasingan


       Yang menyebabkan ini ialah perilaku yang tidak dapat diterima oleh masyarakat. Kekurangan dari diri seseorang karena ketidak mampuan atau karena membuat masalah. Kesalahan yang dibuat seseorang jugadapat membuat orang itu menjadi gelisah.

2. Kesepian

      Ini berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang, sehingga kata kesepian merasa sunyi atau tidak berteman. Setiap orang pernah marasakan kesepian, karena kesepian bagian hidup manusia. Ini bergantung kepada mental orang dan kasus penyebabnya.

3. Ketidak pastian

       Ini berasala dari kata tidak pasti yang artinya tidak menentu. Ini semua adalah akibat dari pikirannya tidak dapat konsentrasi. Atau pikirannya sedang kacau.




Contoh Kasus

        Seorang siswi kelas 3 SMA merasa gelisah menunggu hasil Ujian Nasional nya yang tinggal menghitung hari lagi. Siswi tersebut cemas lantaran takut tidak lulus setelah mendengar banyak isu mengenai bobroknya system UN saat ini seperti soal yang rusak barcode yang salah dan lain nya. Siswi tersebut tetap merasa cemas dan gelisah menunggu hasil ujian nya tersebut.

Tanggapan

        Menurut saya siswi tersebut harus menghilangkan rasa cemas dan sugesti negative nya tersebut dengan cara lebih percaya diri, banyak berdoa dan yakin bahwa dia sudah belajar dan mengerjakan nya dengan jujur, dan pasrahkan hasilnya kepada Allah SWT, karena allah akan menolong hamba nya yang mau berusaha dan bertawakal.









Daftar Pustaka

*
*
*
*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar